Senin, 13 April 2015

Arti Keindahan dan Manfaatnya untuk Manusia

A. Arti Keindahan


   Keindahan adalah suatu sifat dan ciri dari manusia, hewan, tempat, objek atau gagasan yang memberikan rasa kesenangan dan kepuasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus, benar dan elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi, dan budaya. 

Herbet read merumuskan bahwa keindahan adalah kesatuan dan hubungan-hubungan bentuk yang terdapat diantara pencerapan-pencerapan indrawi manusia.


Thomas Aquinos (1225-1274) mengatakan bahwa keindahan adalah sesuatu yang menyenangkan bilamana dilihat (Id qout visum placet).

Khalil Gibran mengupkan bahwa keindahan adalah sesuatu yang menarik jiwamu. Keindahan adalah cinta yang tidak memberi namun menerima.

Dari beberapa definisi diatas, dapat kita simpulkan bahwa keindahan adalah suatu hal ang menyenangkan dan yang bisa menarik jiwamu bila kita melihatnya.


B. Manfaat Keindahan untuk Manusia

Keindahan banyak memberikan dampak positif bagi manusia. Seperti kesenangan, kepuasan dsb. Keindahan juga dapat dikatakan sebagai patokan bagaimana keadaan suatu manusia dengan alam sekitarnya. Oleh karena itu, kita harus menjaga dan melestarikan keindahan disekitar kita agar bisa kita teruskan ke generasi-generasi berikutnya.

Kesimpulan

Keindahan merupakan suatu sifat dan ciri dari makhluk hidup. Keindahan akan semakin indah bila terus kita jaga. Oleh karena itu, kita harus terus melestarikan keindahan lingkungan disekitar kita.

Sumber:

https://adeadangsuryana.wordpress.com/tag/definisi-keindahan/
http://id.wikipedia.org/wiki/Keindahan



0 komentar:

Posting Komentar