Jumat, 25 Desember 2015

Contoh Kasus Strategi Pengambilan Keputusan dalam Organisasi

Pada setiap organisasi pastilah terdapat berbagai macam kendala yang dialami, baik itu dari internal maupun eksternal. Oleh karena itu, suatu organisasi dituntut untuk dapat memecahkan serta menghadapi berbagai masalah tersebut agar perusahaan dapat terus tetap bertahan untuk kedepannya. Maka dari itu diperlukan keputusan yang akan menentukan nasib perusahaan. Keputusan berbagai macam bentuknya sesuai dengan masalah yang sedang dihadapi. Disinilah peran pemimpin dibutuhkan dalam pengambilan keputusan.

sebelum membahas tentang strategi dan contoh kasus pengambilan keputusan dalam organisasi, alangkah baiknya kita ketahui dulu apa itu pengambilan keputusan.

Definisi Keputusan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Keputusan adalah reaksi terhadap beberapa solusi alternatif yang dilakukan secara sadar dengan cara menganalisa kemungkinan-kemungkinan dari alternatif tersebut bersama konsekuensinya. Oleh karane itu, keputusan biasanya menghasilkan dua pilihan terakhir, dapat berupa tindakan atau opini. 

Para ahli pun telah mendefinisikan keputusan, diantaranya:

-Drs. H. Malayu S.P Hasibuan
Pengambilan keputusan adalah suatu proses penentuan keputusan yang terbaik dari sejumlah alternatif untuk melakukan aktifitas-aktifitas pada masa yang akan datang.

-ChesteBarnard

Keputusan adalah perilaku organisasi, berintisari perilaku perorangan dan dalamgambaran proses keputusan ini secara relative dan dapat dikatakan bahwa pengertiantingkah laku organisasi lebih penting dari pada kepentingan perorangan.

Tipe-Tipe Keputusan

a) Keputusan terprogram 

Keputusan dapat diprogramkan sejauh keputusan tersebut terulang dan rutin serta telah dikembangkan prosedur tertentu untuk menaganinya.

b) Keputusan tidak terprogram

Suatu keputusan manakala keputusan tersebut baru dan tidak tersusun. Keputusan yang tidak diprogram harus diidentifikasi dengan tepat karena jenis pengambilan keputusan sering kali memerlukan alokasi dana yang sangat besar.

Gaya Pengambilan Keputusan

  • Manajer mengambil keputusan sendiri dengan menggunakan masukan informasi yang tersedia pada waktu tertentu
  • Manajer memperoleh informasi yang diperlukan dari para bawahan dan menetapkan keputusan yang dipandang relevan
  • Manajer membicarakan permasalahan yang dihadapi organisasi dengan para bawahan secara individual dan mendapatkan gagasan dan saran-saran tanpa melibatkan para bawahan sebagai suatu kelompok
Contoh Kasus:

Pada tahun 1983, kepercayaan knight melakukan kesalahan dalam pengelolaan nike, sehingga berdampak pada 350 karyawan yang ia miliki, oleh karena itu PHIL sebagai Ketua Dewan Direksi memutuskan untuk mendapatkan kembali posisi produsen sepatu nomor satu melalui kecepatan penjualannya dengan konsep "Nike Global Segmentation & Targeting Positioning"

Analisa:

Dari contoh kasus tersebut PHIL selaku Ketua Dewan Direksi mengambil keputusan dengan tipe keputusan tidak terprogram karena keputusan tersebut baru dan tidak tersusun. Gaya pengambilan keputusan yang diterapkan adalah manajer mengambil keputusan sendiri berdasarkan masukan informasi yang diterima

Referensi:

https://mansyth.wordpress.com/2013/05/04/pengambilan-keputusan-dalam-berorganisasi/
http://www.slideshare.net/reskaazis/presentation6-46381838

0 komentar:

Posting Komentar