Senin, 03 Juli 2017

Membuat Animasi

Waspada HIV! Jauhi penyakitnya bukan orangnya


Dalam postingan kali ini, kita akan mengetahui bagaimana cara pembuatan animasi. Sebelumnya, mari kita berkenalan dengan animasi.

Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. shingga karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek. 

Yang akan kita buat pada postingan ini adalah stop motion. Animasi Stop motion adalah suatu teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri. Setiap pergerakan dari objek tersebut difoto (frame individual), sehingga menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan berurutan secara berkesinambungan.Wallace and gromit dan chicken run, karya nick parks, yang sempat hadir di jakarta beberapa saat yang lalu adalah salah satu contoh karya stop motion animation. Contoh lainnya adalah celebrity deadmatch di mtv yang menyajikan adegan perkelahian antara berbagai selebriti dunia. Jangan lupakan pula nightmare before christmast karya yang tim burton yang terkenal dengan film batman dan edward scissorhands.

Untuk membuat animasi stop motion yang kalian perlukan ialah:
- Foto-foto individual yang akan dijadikan obyek dalam pembuatan video animasi
- Aplikasi pembuatan video, seperti: movie maker, video maker, dsb.

Jika, kalian sudah memiliki semua yang dibutuhkan kalian bisa memulai membuat video sesuai dengan kreativitas kalian. Berikut contoh video yang telah kami buat:


Tema dari video kami adalah "Waspada HIV! Jauhi Penyakitnya Bukan Orangnya". Adapun pesan yang ingin disampaikan adalah penyakit HIV memang sangat berbahaya, akan tetapi kita tidak harus memusuhi orang yang mengidap penyakit tersebut melainkan kita harus merangkul orang tersebut dan memberikan ia semangat untuk tetap menjalani kehidupannya.



NAMA KELOMPOK:
Muhammad Hamdani Marantirta
Syifa Rofiana Kuswandi
Wahyuni Tri Utami

Sumber:
http://marcoturnip.blog.widyatama.ac.id/2014/06/14/pengertian-prinsip-prinsip-dan-perbedaan-animasi/
https://animasikuu.wordpress.com/topik/animasi-stop-motion-2/pengertian-stop-motion/


0 komentar:

Posting Komentar