Minggu, 08 Maret 2015

Hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan Sistem Informasi

Pengertian Ilmu Budaya Dasar

Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah dan kebudayaan.


Istilah IBD dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanities yang berasal dari istilah bahasa Inggris “The Humanities’. Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dari bahasa Latin Humanus yang bisa diartikan manusiawi, berbudaya dan halus (fefined). Dengan mempelajari The Humanities diandaikan seseorang ‘akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Secara demikian bisa dikatakan bahwa The Humanities berkaitan dengan masalah nilai-nilai, yaitu nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar. manusia bisa menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu The Humanities di samping tidak meninggalkan tanggung jawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri. Kendatipun demikian, Ilmu Budaya Dasar (atau Basic Humanities) sebagai satu matakuliah tidaklah identik dengan The Humanities (yang disalin ke dalam bahasa Indonesia menjadi: Pengetahuan Budaya).

Pengertian Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktifitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara dua orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara dimana orang menggunakan teknologi ini dalam mendukung program bisnis.

Hubungan IBD dengan SI

Sejatinya, Hubungan Ilmu budaya dasar dengan Sistem Informasi sangatlah berkaitan satu sama lain. Ilmu Budaya Dasar mengajarkan manusia untuk lebih berbudaya dan Sistem Informasi tentu saja lebih berorientasi kepada teknologi. Jadi, dari kedua pengertian tersebut diharapkan kelak seorang lulusan SI tidak hanya mengedepankan IPTEK nya saja tetapi juga memperhatikan nilai, moral, dan buadaya bangsanya sendiri.

Kesimpulan

Dari pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa seorang programmer dituntut untuk tidak hanya mengedepankan IPTEK saja tetapi juga memperhatikan nilai, moral, dan kebudayaan bangsanya sendiri

Sumber :
https://anwarabdi.wordpress.com/2013/04/07/ilmu-budaya-dasar-pengertian-ilmu-budaya-dasar/
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi

0 komentar:

Posting Komentar